Introduction


Halo semua pembaca ! :) 
Saya disini tidak akan menyebutkan nama, tapi sebut saja saya Anon. Usia saya tahun ini 19 tahun dan sedang berkuliah.

Pada blog ini mungkin saya akan banyak membahas topik sensitive tapi saya akan menerima semua kritik dan saran pembaca karena pada blog ini saya hanya ingin mengutarakan apa yang ada dalam pikiran saya dan mungkin orang-orang yang membacanya juga bisa berbagi pemikiran dengan saya supaya saya pun juga bisa lebih open minded. Disini juga bukannya saya ingin menentang Tuhan, namun saya hanya ingin menyampaikan apa yang saya tangkap dan apa yang saya pikirkan selama menjalani hidup meskipun baru 19 th lamanya.

Pertama saya ingin menceritakan awal dari kehidupan saya. 
Sejak kecil saya adalah orang yang suka bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang kadang sulit dijawab oleh manusia. Meskipun saya bersekolah disekolah swasta yang berorientasikan agama, namun pada lingkungan keluarga, saya bukan termasuk keluarga yang menomor satukan agama sehingga saya tumbuh dan berkembang bukan menjadi orang yang religius. 


Waktu kecil saya tidak mengetahui dan tidak mengerti apa itu Tuhan dan agama. Sewaktu kecil yang saya hanya tau, saya menggunakan hio untuk berdoa dan itupun sembahyang keluarga. Saya juga bersekolah TK yang berorientasikan agama Kristen sehingga ada pelajaran seperti bernyanyi memuliakan Tuhan. Namun pada saat itu saya hanya sekedar menyanyi saja tanpa mengetahui apa itu dan siapa itu Tuhan.  Sebelum masuk SD, kadang saya ikut bina iman anak di gereja, namun itu juga saya dipaksa ikut. Sebenarnya saya tertarik karena aktivitasnya itu prakarya dan ada hadiah-hadiah kecil.(namanya juga anak kecil ya sukanya nyampah sama maen aja hehehe). Saya juga gaterlalu suka bahkan dulu gasuka karena saya anaknya anti sosial, takut sama orang lain jadi males banget ikut2 kayak gitu takut sama temen dan gasuka joget2 padahal kalau di rumah cerewet dan gak bisa diem alias cuma jago kandang. Lalu cuma bertahan bentar kayaknya (gak terlalu inget), saya keluar dari bina iman karena juga males gada temennya dan ya gasuka dan tetep gangerti kalo itu namanya agama. 


Masuk SD, saya di sekolahkan ke sekolah katolik dan karena nama saya berunsur kristiani, sekolah tentu mengira saya menganut agama tersebut. Pada nyatanya saya sendiri pada waktu SD tidak mengetahui apakah agama saya ini, siapa kah itu Tuhan, saya benar-benar tidak tau. Pada waktu itu saya hanya ingat tante saya yang katolik terkadang pergi ke gereja dengan kakak saya yang usianya berbeda 2 tahun. Saya hanya ingat dia berkata kalau ke gereja suka tidur, enak buat tidur, jadi saya juga ingin nyoba ke gereja. Namun dulu saya ingat saya tidak suka pergi ke gereja, meskipun suasananya enak untuk tidur namun panas dan banyak sekali orang. Lalu saya tidak pernah lagi ikut pergi kesana. Saya ikut hanya sesekali saja kalau dipaksa. Pas paskah atau natal pasti ikut acara lingkungan gereja buat anak - anak tapi itu juga cuma kepengen bingkisannya aja bukan karena emang agamanya hehehe. 

Mulai kelas 4 SD, di sekolah saya ada yang namanya Bina Iman untuk yang katolik wajib ikut. Karena dulu saya gatau sama sekali agama saya apa dan saya gapernah dikasih tau juga jadi selama ikut bina iman gereja, cuman karena pengen main, trs gambar - gambar alkitab warna warni dan bagus aja gitu tapi tetep gangerti alkitab tuh apa, agama tuh apa, Tuhan itu siapa. Jadi selama sekolah kalau disuruh pimpin doa juga takutnya setengah mati karena ya gapernah berdoa dirumah juga. di sekolah bisa berdoa juga karena ngafal dan ngerasa semuanya sama jadi ya kayak emang itu harus aja bukan karena "oh ini karna agama saya ini". 
Saya gapernah ikut bina iman disekolah karena ya saya merasa saya bukan Katolik, saya juga gatau agama saya apa, saya taunya saya suka pakai hio berarti saya Buddha. Jadi selama kalo ada bina iman saya selalu dicariin sama gurunya karena gapernah dateng, nah karena saya gamerasa juga jadinya saya selalu ngumpet disekitar sekolah dan lari kabur-kaburan takut disuruh ikut bina iman. Teman-teman saya yang Katolik juga saya tanya emang bina iman ngapain sih. Ya pada jawab baca alkitab aja gitu gantian. Saya waktu dulu mikir apaan sih males banget baca gituan gajelas, saya juga dari dulu ga baca alkitab. 

Tapi .... semua berubah pas nyokap 2006 masuk ke Katolik ikut tante saya. Secara akte keluarga saya semuanya Buddha tapi emang gasembahyang di tepekong juga jadi semacam agama KTP lah. Setelah nyokap masuk katolik, saya juga disuruh nyokap ikut bina iman disekolah. Kelas 5 itu saya baru mulai masuk bina iman, baru mulai melek sama agama, baru bener-bener ngeh apa itu agama sih. Jadi dikelas pas pelajaran agama saya agak nyimak tapi ga juga sih karena gurunya galak banget dong woi takut. Saya juga sempet kepikiran dulu nanya. Akhirnya saya beraniin nanya ke tuh guru. 

"Bu, Tuhan adanya dimana sih? Terus kalau Adam dan Hawa yang ciptain Allah, terus Allah munculnya darimana? Surga tuh adanya dimana?"

tapi sayangnya tuh guru gamau jawab, dijutekin doang katanya dia gabisa jawab, emang gitu pokoknya terjadinya (kurang lebih gitu sih jawabannya udah lupa juga pas SD). Karena gapuas gw juga nanya lagi jadinya sama keluarga, sama nyokap juga nanya. Semua gada yang bisa jawab ya lalu saya bingung ini gimana sih kok gada yang tau tapi kenapa pada ikutin ginian coba. Sudah pasrah juga dan dipaksa nyokap belajar agama,di sekolah juga udah ikut bina iman dan koor yaudah deh jadinya pasrah ikutin aja, toh juga ada temen2nya gitu yang sama, pas SMP akhirnya belajar buat dibaptis padahal tiap kali ke gereja juga marah-marah kesel karena ya males bangun pagi hari Minggu. Selalu ngmgnya "Papa aja dirumah! aku mau Buddha aja!! biar gausah bangun pagi kalo hari minggu!!".

Namanya anak kaga berotak ya cuma mikirnya kalo buddha ya dirumah gitu, jadi ya begitu ngmgnya. Tapi ya nyokap kan keras jadi tetep aja ikut ke gereja. SMP kelas 7 akhirnya dibaptis. Pas SMP ada temen deket juga yang ikut koor wajib sama bina iman jadinya ya ikut juga karena dipaksa sekolah. 
Sebenernya semua dijalanin juga dipaksa smua. memang sih tujuannya baik biar ada arahan tapi jeleknya dipaksanya bukan pake pengertian agama tuh gini gono blablabla tapi ya cuma kayak langsung aja gitu tiba2 dibilang Katolik trs ikut doa2 bina iman segala macem. 

Ada bagusnya memang tp gatau kenapa ya kadang juga ga ngerasa srek sama gereja dan aturannya. Ngerasa kayaknya kok ini mah semua aturan manusia aja kali aneh-aneh begini. Makanya sampai sekarang juga meskipun udah dibaptis sama krisma tapi gaterlalu mengikuti aturan gereja. 

Waktu tahun 2014 juga pas nenek meninggal secara Buddha, jadi ikut prosesnya juga buddha, doanya Buddha (ada artinya gitu walopun pake sansekerta??) dan merasa kayak lebih srek aja ajarannya dibanding sama Katolik. tapi ya nyokap sih marah tiap kali bilang saya lebih srek sama ajaran buddha daripada katolik. Jadi ya sampai sekarang jujur saya merasa menjalani agamanya aneh. bisa dibilang gatotalitas. tapi ya gimana namanya juga bawaan diri. Selama saya gaberbuat jahat, gamenyimpang ke hal hal buruk dan negatif saya merasa baik. 

Sekarang juga dibangku kuliah, saya lebih mengenal beragam orang2 dengan sudut pandang beda2 jadi saya juga ingin lebih mengetahui agama orang lain, keinginan hidup orang lain juga. Sehingga banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam benak saya dan sisi2 agama yang sulit juga saya terima dengan akal saya ini. mungkin secara agama memang hal ini salah dan saya termasuk dosa tapi bagi saya, selama saya tidak menjahati orang lain, saya menjalani hidup baik2, saya akan baik2 saja karena agama bukan yang PASTI akan menyelamatkan anda, tetapi cara anda menjalani hiduplah yang akan menentukan keselamatan anda sendiri di dunia maupun akhirat nanti. 

Comments